• SMAN 6 BONE

  • SEKOLAH BERBASIS IMTAQ DAN IPTEK
  • info@sman6bone.sch.id
  • 04822411329
  • Search

Sepuluh Tips Sukses Menghadapi UN/UNBK


#1. Percaya Diri
Percaya diri merupakan perasan yakin pada diri sendiri, jadi rasa percaya diri memang harus dimiliki oleh semua orang terutama buat kalian yang akan menghadapi ujian nasional. Nah, buat kamu yang sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari dan di rumah kamu sudah merasa siap menghadapi ujian nasional, jangan sampai percaya diri tersebut malah hilang saat kamu mendapatkan kunci jawaban dari teman.
Selain itu, kamu juga jangan gampang percaya ketika orang lain memberi kunci jawaban, loh kenapa? Sebab, dalam ujian nasional itu terdiri dari beberapa paket, jadi otomatis beda soal juga beda jawaban. Walaupun nantinya kamu memiliki paket yang sama, tapi kamu juga harus berifikir “bagaimana kalau jawaban yang benar adalah jawaban kamu”. Pastinya kamu tidak ingin nanti menyesal bukan?

#2. Persiapkan Diri Kamu
Ujian nasional memang menjadi sesuatu yang perlu dipersiapkan. Maka dari itu kamu harus mempersiapkan diri kamu dari jauh-jauh hari sebelum ujian nasional dilaksanakan, jangan sampai kamu baru belajar ketika besoknya akan menghadapi ujian nasional atau lebih dikenal dengan istilah “kebut semalam”.
Kenapa sih ujian nasional perlu kita persiapkan dari jauh hari? Ya karena seperti yang kita tahu, bahwa materi ujian nasional itu sangatlah banyak, mulai dari kelas 1 sampai kelas 3. Jadi apabila kamu bisa belajar dengan konsisten pasti bisa menguasai materi itu dan tidak akan merasa dikejar waktu, misalnya dengan cara meluangkan waktu 2 jam sehari untuk mempelajari berbagai materi untuk menghadapi ujian nasional.
Nah, selain mempersiapkan otak, kamu juga harus mempersiapkan mental loh. Jadi, kamu harus yakin bahwa kamu bisa sukses mengerjakan soal ujian nasional. Tapi juga jangan terlalu yakin, jika tanpa ada pengorbanan untuk belajar sama sekali. Selain itu, berbagai kendala juga pasti akan kamu hadapi saat kamu mempersiapkan diri, misalnya seperti susah memahami beberapa materi. Nah disini lah dimana kamu tidak boleh menyerah, dan kamu bisa mengatasinya dengan mengajak teman untuk belajar bersama atau sebagainya.

#3. Mempelajari Kisi-Kisi Tahun Sebelumnya
Seperti yang kita tahu bahwa Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang mana merupakan penyelenggara ujian nasional biasanya merilis secara resmi kisi-kisi ujian nasional setiap tahunnya. Maka dari itu, cara sukses menghadapi UNBK disini yaitu kita harus memanfaatkan kisi-kisi sebaik mungkin, dengan menganalisa kisi-kisi dari tahun ke tahun, mempelajari nya, serta coba mengerjakannya secara bertahap.
Memang kenapa sih kita harus mempelajari kisi-kisi tahun sebelumnya juga? Kenapa nggak mempelajari kisi-kisi yang tahun sekarang saja? Sebab, soal-soal ujian nasional di tahun sebelumnya itu terkadang ada di soal ujian nasional saat ini. Jadi kita perlu mempelajari juga kisi-kisi tahun sebelumnya agar kita bisa sukses menghadapi UNBK.

#4. Ikuti Simulasi
Biasanya, sebelum menghadapi UNBK tiap-tiap sekolah terlebih dahulu mengadakan simulasi UNBK. Kegiatan simulasi ini sangat penting diikuti sebagai bentuk kesiapan ketika menghadapi UNBK sesungguhnya. Meskipun simulasi dilakukan ketika libur, namun sempatkan waktu untuk mengikutinya ya. Sebab simulasi tersebut bertujuan untuk membiasakan kamu agar tidak cemas saat menghadapi UNBK.

#5. Tetap Fokus, Satu Titik
Kenapa harus fokus? Sebab, tidak sedikit murid yang gagal karena kurang fokus, misalnya seperti menyepelekan atau tidak memperhatikan layar dengan baik. Maka dari itu, kita harus mengisi ujian nasional dengan sangat fokus, mulai dari hal kecil seperti login sampai mengerjakan soal-soal.

#6. Kerjakan Soal yang Mudah Dulu
Seperti yang kita tahu bahwa saat mengerjakan ujian pasti ada waktu mengerjakan, sehingga kamu jangan sampai terus menerus mengisi soal yang susah sampai memakan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, ada baiknya jika kamu mengerjakan soal yang mudah dulu, setelah itu lanjut ke soal ragu-ragu, dan terakhir baru kerjakan soal yang susah. Nah, dengan cara ini pastinya kamu tidak akan kehabisan waktu.

#7. Jangan Gaptek
Gaptek? Rasanya di zaman milenial seperti sekarang ini sudah jarang kita jumpai anak muda yang masih gagap teknologi. Namun, tak menutup kemungkinan juga jika masih ada beberapa anak yang masih gaptek. Maka dari itu, buat kalian yang ingin sukses menghadapi ujian nasional jangan sampai gagap teknologi seperti cara menggunakan komputer yaa.

Mengapa? Sebab, untuk beberapa tahun kedepan nya pasti teknologi sangat bermanfaat dalam membantu kehidupan sehari-hari. Misalnya saja seperti sekarang ini, awalnya kan ujian nasional dilakukan dengan kertas. Namun sekarang dirubah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dimana terasa lebih efisien dan lebih canggih. Maka dari itu, mulailah berteman dengan teknologi agar kamu tidak merasa cemas saat melihat soal UN di layar komputer. Intinya jangan sampai cemas ya, karena kecemasan bisa mengganggu konsentrasi.

#8. Jangan Lupa Ibadah dan Berdo’a
Belajar nya rajin, tapi gak pernah ibadah, gak pernah berdoa, yaaahh … sama aja bohong. Loh kenapa? Ya, karena kepintaran manusia tidak akan berarti jika kita tidak bersyukur kepada yang memberinya (Tuhan). Maka dari itu, sebagai anak muda yang pintar sekaligus beragama, beribadahlah sesuai ketentuan agama masing-masing dan berdoalah agar diberi kemudahan dan kelancaran selama ujian nasional berlangsung.

#9. Minta Izin Kepada Orang Tua
Seperti yang kita tahu bahwa orang tua adalah sosok yang sangat berharga dalam kehidupan. Jadi, jangan sampai kamu mengecewakan mereka, hargailah keberadaan mereka, selagi mereka ada bersama kita. Maka dari itu, sebelum berangkat sekolah untuk melaksanakan ujian nasional, minta maaf dan minta izinlah kepada mereka. Agar mereka selalu mendoakan kamu, sebab doa orang tua pada anaknya adalah doa yang paling mustajab.

#10. Ikuti Prosedur Yang Berlaku
Prosedur atau Tata Tertib UNBK memang biasanya akan dibacakan oleh pengawas sebelum dimulai, misalnya seperti dilarang membawa HP, dilarang menggunakan mesin hitung, dan masih banyak lagi tata tertib yang lainnya. Ya, mungkin akan terasa risih, tapi ikuti saja semua prosedur yang berlaku agar kamu sukses mengerjakan soal ujian nasional tanpa ada masalah apapun. Apalagi pengawas ujian biasanya bukan dari sekolah kita, pastinya kita ingin selalu menjaga nama baik sekolah bukan?


Sumber : www.mastekno.com

Komentar

Bukan satu-satunya cara untuk sukses UNBK dengan menerapkan 10 tips di atas, akan tetapi mudah-mudahan 10 tips di atas bisa mebuahkan hasil yang masimal.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Apa Itu Portal Rumah Belajar Kemendikbud?

Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era

15/10/2019 00:55 - Admin Selengkapnya...
Menulis Itu Tidak Membosankan

Remaja sebagai agen perubahan bangsa dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan dalam era globalisasi saat ini. Kemunculan teknologi canggih sangatlah berpengaruh besar dalam kehidup

27/08/2019 11:32 - Admin Selengkapnya...
Sistem Pembelajaran Online

Sebagai guru, kita perlu menyadari variasi pilihan terbaik dari pendidikan jarak jauh dan pembelajaran online. Kita harus mampu untuk menyeleksi teknologi dan media terbaik yang dapat

12/08/2019 17:12 - Admin Selengkapnya...
Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Otak kita merupakan bagian anggota tubuh yang sangat penting karena otak merupakan pusat berpikir serta yang mengatur anggota tubuh lainnya. Otak sangat mempengaruhi bagian tubuh yang

10/08/2019 22:34 - Admin Selengkapnya...
Seutas Titian Harapan

Berjalan pada seutas titian harapan... Melangkah dengan sisa asa terlindung, terhempas di hamparan padang tak bertuan, hangus terbakar gejolak, terbang terbawa ego... Terdiam tanpa ha

19/06/2019 09:56 - Admin Selengkapnya...